Jumat, 29 Juni 2012

Iran Siap Luncurkan Satelit Fajar

Menteri Pertahanan Iran menyatakan peluncuran satelit Fajar ke orbit dalam waktu dekat kembali membuktikan kemampuan sains dan teknologi Iran.
 
Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi mengatakan satelit itu akan diluncurkan pada akhir Mei,  dan kemungkinan besar pada 23 Mei.

"Republik Islam membuat terobosan besar di bawah tekanan sanksi. Jika kekuatan hegemonik berpikir bahwa mereka bisa menekan Iran melalui sanksi, mereka justru sebenarnya sedang menyia-nyiakan peluangnya sendiri," tambahnya.

Vahidi menilai kebijakan yang diambil oleh beberapa negara Barat tidak akan menghalangi pertumbuhan Iran.

"Laju pertumbuhan dan pembangunan telah meningkat, dan satelit diluncurkan pada interval pendek yang menunjukkan kemampuan sains dan teknologi Iran," katanya.

Pada 13 Mei lalu, Vahidi mengumumkan Iran akan segera meluncurkan satelit nasional Fajar, yang merupakan satelit pengintai dengan kekuatan energi surya.

Satelit Fajar akan ditempatkan di orbit elips dalam radius 400 km, dan akan tetap di ruang angkasa selama satu tahun setengah.

Iran meluncurkan satelit pertama buatan dalam negeri, Omid (Harapan) pada 2009. Negara ini juga mengirim biokapsul pertama makhluk hidup ke ruang angkasa pada bulan Februari 2010, dengan menggunakan Kavoshgar-3 (Explorer-3)

Iran adalah salah satu dari 24 anggota pendiri Komite PBB tentang Penggunaan Antariksa secara Damai, yang didirikan pada tahun 1959.

Tehran juga berencana untuk meluncurkan misi berawak pertama ke ruang pada 2019 mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar